Tips Kelola Gaji Pertama bagi Pekerja Baru


GAJI pertama biasanya digunakan untuk berfoya-foya. Lalu bagaimana di bulan-bulan selanjutnya? Bagi orang yang tak biasa menabung, mengelola gaji merupakan tantangan tiap bulan.

Lantaran itu, pakar keuangan Lutfi Trizki memberikan tips bagi orang yang pertama kali bekerja atau first jobber mengelola gajinya. Sehingga, orang tersebut dapat menghindari kondisi 'besar pasak daripada tiang'.

"Buatlah dua rekening tabungan, satu untuk dana operasional, satu jadi untuk tabungan," kata Lutfi.

Semua akan mudah bila sudah terbentuk kebiasaan menyisihkan gaji ke dalam dua rekening yang berbeda tiap bulan. "Jadi kalau 'gesek' atau lihat ATM yang kita lihat saldo rekening operasional. Yang rekening tabungan tidak tersentuh," ujarnya.

Dia menyarankan agar persentasi gaji yang disisihkan untuk menabung minimal tiga puluh persen. "Kalau perlu rekening tabungannya nggak usah dibikin kartu ATM biar nggak diambil-ambil," selorohnya lalu tertawa.

Dia menambahkan agar tidak lupa memberikan sebagian gaji untuk orang tua. "Apalagi kalau orang tua tahu berapa gaji kita. Siapa tahu didoakan biar gajinya bertambah jadi ngasih ke orangtua juga lebih besar," kata financial educator itu.

 
Copyright Kumpulan Tips dan Trik Terlengkap © 2010 - All right reserved - Using Fozone Blogspot Theme
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.